Kronologis cekcok Wakil Ketua KPK dengan anak Amien Rais

Nawawi Pomolango sempat menegur Mumtaz Rais agar tidak menelepon saat pesawat sedang mengisi bahan bakar.

Plt. Juru bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri. Alinea.id/Achmad Al Fiqri

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango, sempat berselisih dengan anak Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, di dalam pesawat Garuda Indonesia GA 643 rute Gorontalo-Makassar-Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, menerangkan, cekcok bermula saat Nawawi hendak ke Jakarta usai kegiatan koordinasi pemberantasan korupsi dengan APH dan APIP di Gorontalo, Rabu (12/8).

Saat itu, Nawawi menggunakan Garuda rute Gorontalo-Makassar-Jakarta. Pesawat sempat berhenti di Makassar untuk mengisi bahan bakar.

Pramugari, memperingati Mumtaz beberapa kali untuk tidak menggunakan alat komunikasi. Namun, putra pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut tidak mengindahkan peringatan tersebut.

"Karena yang bersangkutan masih terus bicara melalui telepon, sementara Nawawi melihat dari jendela di samping tempat duduknya ada kendaraan pengisi bahan bakar di sekitar pesawat, maka dengan pertimbangan keselamatan seluruh penumpang, Nawawi mengingatkan pada yang bersangkutan untuk mematuhi aturan yang berlaku," papar Fikri, dalam keterangannya, Jumat (14/8).