Kronologis ribuan polisi kepung Desa Wadas dan tangkap puluhan warga

Saat kejadian berlangsung, warga terkendala mengabarkan kondisi di lapangan karena disinyalir sinyal di-take-down.

Personel kepolisian mulai memasuki Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jateng, pada Selasa (8/2/2022) pagi. Twitter/@Wadas_Melawan

Ribuan personel kepolisian mendatangi Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (8/2). Puluhan warga setempat pun diamankan dengan berbagai dalih.

Bagaimana kronologis awalnya?
Berdasarkan keterangan tertulis Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempadewa) dan LBH Yogyakarta, aparat kepolisian sempat memasuki Desa Wadas pada Senin (7/2) siang.

Saat itu, aparat baris-berbaris di Purworejo dan mendirikan tenda di Lapangan Kaliboto, tepatnya di belakang Polsek Bener. Malam harinya, terjadi pemadaman listrik di Desa Wadas, sedangkan desa-desa sekitarnya tetap menyala. 

Keesokan harinya, sekitar pukul 07.00 WIB, seorang warga Wadas bersama istrinya menyempatkan diri sarapan dekat Polsek Bener sembari melihat kondisi di kantor polisi saat hendak ke kota.

"Tiba-tiba, mereka didatangi beberapa orang polisi. Satu warga itu kemudian dibawa ke Polsek Bener. Sementara, istrinya berhasil lolos dan kembali ke Desa Wadas. Sampai saat ini, satu warga tersebut masih belum diketahui kabar dan keberadaannya," ungkap Gempadewa.