KTT G20, penerbangan reguler domestik disesuaikan: Lebih pagi atau malam

Untuk penerbangan reguler internasional, pada 13 November tersedia 127 slot dengan kapasitas 34.702 kursi atau 74% dari periode normal.

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, November 2019. Google Maps/Graziella Minardi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kelancaran pengaturan penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali, selama masa penyelenggaraan KTT G20. Mengingat, ada sekitar 35 negara yang hadir dalam kegiatan ini.

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Novie Riyanto mengatakan, pihaknya berupaya menyeimbangkan pergerakan pesawat kenegaraan dengan penerbangan reguler baik domestik maupun internasional.

"Khusus untuk penerbangan reguler internasional kami berikan slot penuh, karena banyak para delegasi tamu negara yang menggunakan pesawat reguler. Sementara, untuk penerbangan domestik kami lakukan pembatasan sementara,” kata Novie dalam keterangan resmi, Minggu (13/11).

Disampaikan Novie, upaya koordinasi secara intensif telah dilakukan dengan para pemangku kepentingan penerbangan. Hal itu dilakukan guna menjaga dan menyeimbangkan pergerakan pesawat kenegaraan dan reguler.

Novie menyebut, diperkirakan penerbangan pada tanggal 14 November 2022 akan relatif padat, mengingat kedatangan para tamu negara menggunakan pesawat kenegaraan. Selebihnya, dari tanggal 13-17 November 2022, slot penerbangan dinilai relatif normal.