Kutip Al-Baqarah, Muhadjir ajak masyarakat mitigasi bencana

"Manusia perlu belajar dari peringatan malaikat karena banyak sekali kerusakan di muka bumi ini akibat tangan manusia."

Menko PMK, Muhadjir Effendy, mengajak masyarakat agar turut berperan melakukan mitigasi bencana bahkan dengan mengutip QS Al-Baqarah. Dokumentasi Kemenko PMK

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengajak masyarakat turut berperan dalam mencegah terjadinya bencana alam. Sebab, mayoritas bencana yang terjadi dinilai akibat ulah manusia.

Dia lantas membaca Surat Al-Baqarah ayat 30. Isinya, manusia ditugaskan Allah Swt untuk menjadi khalifah yang dapat merawat dan menjaga keutuhan muka bumi.

"Kalau kita belajar di dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah yang saya baca tadi, yang tidak kalah penting itu sebetulnya ulah tangan manusia yang membuat bencana itu terjadi. Bahkan, sekarang ini, menurut saya, 70% bencana di dunia ini adalah oleh ulah tangan manusia," katanya dalam puncak acara Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2023 di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim), pada Selasa (16/5). 

Dalam ayat Al-Qur'an tersebut, terangnya, terdapat dialog antara Allah dengan malaikat yang protes karena manusia diyakini hanya akan merusak bumi. Karenanya, dia mengajak masyarakat belajar atas peringatan malaikat itu mengingat banyak kerusakan oleh manusia akibat pembangunan tanpa memperhitungkan risiko dengan saksama.

"Manusia perlu belajar dari peringatan malaikat karena banyak sekali kerusakan di muka bumi ini akibat tangan manusia, akibat ulah manusia sering berkedok pembangunan, tetapi justru kerusakannya yang harus dibayar jangka panjang," tuturnya mengingatkan.