Lamongan masuk zona merah Covid-19 Jatim

Langsung ada 10 kasus di Lamongan pada temuan pertama. Mayoritas calon petugas haji.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Alinea.id/Adi Suprayitno

Kabupaten Lamongan masuk zona merah pandemi coronavirus anyar (Covid-19) di Jawa Timur (Jatim). Sebab, langsung ada 10 kasus positif pada Jumat (3/4).

"Lamongan ini tergolong baru. Tapi, langsung masuk zona merah, karena langsung ada 10 orang," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Grahadi, Kota Surabaya, beberapa saat lalu.

Sebanyak delapan dari 10 orang itu merupakan calon petugas haji. Terpapar virus SARS-CoV-2 saat mengikuti pelatihan.

Dia melanjutkan, kasus positif Covid-19 di Jatim melonjak drastis pada hari ini. Naik 49 menjadi 152 orang. Berdasarkan daerah, sebanyak 33 kasus di Surabaya, 10 Lamongan, tiga Sidoarjo, dua Kabupaten Kediri, dan satu Gresik.

Secara keseluruhan, kasus tertinggi ada di Surabaya sebanyak 77 orang. Lalu Sidoarjo 14 kasus; Malang Raya dan Lamongan masing-masing 10 kasus; Magetan sembilan kasus; Situbondo enam kasus; Kabupaten Kediri, Gresik, dan Nganjuk masing-masing empat kasus; Lumajang tiga kasus; Jember dua kasus; serta masing-masing satu kasus di Batu, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Banyuwangi, Pamekasan, Tulungagung, Jombang, dan Kabupaten Madiun.