Latihan penyegaran militer gagasan Menhan Prabowo resmi digelar

Materi latihan meliputi renang militer hingga bongkar pasang senjata.

Prajurit TNI AD menyanyikan yel-yel saat Apel Gelar Kesiapan Latgab di Dermaga Ujung Koarmada II, Kota Surabaya, Jatim, Kamis (5/9/2019)/Foto Antara/Moch Asim.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) menggelar latihan penyegaran pengetahuan dan keterampilan dasar militer di Kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Latihan yang digagas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ini digelar mulai 22 hingga 25 November 2021. Peserta kegiatan tersebut di antaranya Prajurit TNI Kemhan Eselon IV keatas.

Pelatihan tersebut dibagi dalam dua gelombang. Materi latihan meliputi menembak menggunakan senapan dan pistol, melempar pisau dan kampak, renang militer, bongkar pasang senjata, navigasi darat, eksersisi mortir, serta prosedur komunikasi.

Briefing persiapan kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto.

“Saya lihat besar sekali antusias dari satuan kerja Kemhan, termasuk saya. Dan saya memonitor juga satuan-satuan kerja menyiapkan diri masing-masing dengan melakukan latihan,” kata Donny dalam keterangan tertulis Kemhan, Senin (22/11/2021).