Lebaran 2020, Polri: volume kendaraan arus balik turun 70%

Sebanyak 450.000 kendaraan dihalau saat Operasi Ketupat.

Petugas gabungan memeriksa kendaraan yang akan masuk ke wilayah DKI Jakarta di Km 47 Tol Cikampek-Jakarta, Jabar, Sabtu (30/5/2020). Foto Antara/Muhammad Adimaja

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat, penurunan kendaraan arus balik Lebaran mencapai 70% selama Operasi Ketupat 2020 dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.

"Kalau disimpulkan, turun sampai 70% jika dibanding dengan data tahun lalu," ujar Kepala Korlantas Polri, Irjen Istiono, melalui keterangan tertulis, Senin (1/6).

Dirinya menerangkan, terdapat 45.000 kendaraan arus balik yang dihalau petugas dan diperintahkan putar balik hingga H+7 Lebaran atau Minggu (31/5). Mereka berasal dari Jawa Timur (Jatim) menuju Jakarta. "Maupun dari arah Lampung dan Banten."

Data tersebut berdasarkan kumulasi dari sejumlah titik penyekatan Operasi Ketupat yang dilaksanakan tujuh polda. Dari Jatim hingga Lampung.

Volume arus balik di sejumlah titik, ungkap Istiono, tergolong rendah. Alasannya, kendaraan didominasi angkutan logistik.