Lebih dari 10.000 personel Polri dan TNI mengawal demo hari ini

Rekayasa lalu lintas dilakukan di seputaran Harmoni, Gambir yang menuju ke Istana, veteran dan di depan DPR/MPR RI.

Sejumlah mahasiswa berunjuk rasa di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, menuntut Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu terkait Undang-undang KPK, Kamis (17/10/2019). Foto Antara

Polisi menerjunkan ribuan personel gabungan untuk mengawal aksi dari elemen buruh dan mahasiswa hari ini, Kamis (21/4). Jumlah itu belum ditambah dengan anggota TNI Kodam Jaya yang mencapai 1.440 personel.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, pihaknya menerima tujuh pemberitahuan soal demo. Estimasi massa yang turun dengan total tujuh pemberitahuan tersebut berkisar 800-1.200 orang.

"9.915 personel gabungan yang diterjunkan," kata Endra di kawasan Monumen Nasional, Kamis (21/4).

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, sejumlah alat pembatas akan dipasang. Pengamanan dengan pembatas itu akan dibentangkan di sejumlah titik.

"Kemungkinan dari pagi kami lakukan rekayasa lalu lintas itu karena akan dipasang water barrier dan security barrier, jadi memang harus dibentang dan harus ditutup," kata Sambodo, saat dikonfirmasi, Rabu (20/4).