Kurangi kematian, libatkan tokoh masyarakat untuk dampingi pasien isoman Covid-19

Warga yang melakukan isoman di rumah tentunya membutuhkan dukungan dari lingkungannya.

Ilustrasi pasien long Covid-19. Alinea.id/Oky Diaz

Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo, meminta, Satgas Covid-19 di tingkat RT dan RW berkolaborasi dengan warga, khususnya dengan tokoh masyarakat, tokoh agama serta orang yang dituakan di lingkungan tersebut.

Menurutnya, pengendalian Covid-19 termasuk membumikan protokol kesehatan (prokes) ke warga, pendampingan terhadap pasien coronavirus yang melakukan isolasi mandiri (isoman) bisa lebih efektif dan optimal bila melibatkan para tokoh masyarakat.

"Perlu disadari, pengendalian Covid-19 bisa efektif jika  dilakukan secara gotong-royong," kata Rahmad Handoyo kepada wartawan di Jakarta, Jumat (30/7).  

Rahmad meyakini, tingginya angka kematian pasien isoman dapat ditekan bila seluruh warga di tingkat RT dan RW kompak dan mau bersama-sama menjaga lingkungannya dari ancaman Covid-19. Kata dia, warga yang melakukan isoman di rumah tentunya membutuhkan dukungan dari lingkungannya.

Diketahui, LaporCovid-19 menyebut, terdapat 2.703 pasien corona yang meninggal saat melakukan perawatan atau isolasi mandiri (isoman) di rumah hingga Selasa (27/7). Provinsi dengan total kematian di luar rumah sakit ini terbanyak ditemukan di DKI Jakarta, yakni sebanyak 1.218 pasien.