LIPI identifikasi varian Delta asal pasien Karawang

LIPI menyebut identifikasi varian Delta menjadi yang pertama ditemukan di Jawa Barat.

Ilustrasi uji klinis vaksin/Pixabay.

Tim riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil mengidentifikasi 44 sampel yang mengandung virus SARS-CoV-2 varian Delta. Hasil ini didapat setelah LIPI menerima sampel klinis pasien Covid-19 asal Karawang, Jawa Barat dari Balitbangkes (Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan) Kementerian Kesehatan RI untuk dilakukan analisis whole genome sequencing (WGS).

Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI Anik Budhi Dharmayanthi menyampaikan, pihaknya baru mengidentifikasi sebanyak 61 sampel, dan sisanya masih dalam proses sekuensing dan diharapkan akan selesai dalam beberapa minggu ke depan.

"Dua jenis variant of concern (VOC) telah berhasil diidentifikasi yaitu B.1617.2 atau varian Delta sebanyak 44 sampel dan B.1.1.7 atau variant Alpha sebanyak 3 sampel,” ujar Anik, Selasa (22/6).

LIPI menyebut identifikasi varian Delta menjadi yang pertama ditemukan di Jawa Barat, namun hal tersebut tidak serta merta mengimplikasikan bahwa varian ini baru saja muncul di daerah ini.

Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI lainnya, Anggia menjelaskan, awal mula kemunculan varian Delta di Jabar belum dapat dipastikan dan masih perlu pemantauan terhadap pasien, penelusuran kontak, dan investigasi kasus lebih mendalam.