Listrik padam mengingatkan kembali kejadian 22 tahun silam

Padamnya listrik di tiga wilayah Provinsi di Pulau Jawa ini mengingatkan kejadian luar biasa serupa pada 1997.

Padamnya listrik di tiga wilayah di Provinsi Pulau Jawa mengingatkan kejadian luar biasa serupa tahun 1997./ilustasi pexels

Padamnya listrik sejak pukul 11.50 WIB di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten terus ditangani PT PLN (Persero). Untuk menstabilkan daya dan tegangan listrik, PLN telah mengoperasikan PLTA Saguling dan PLTA Cirata. 

Kedua pembangkit ini sekaligus difungsikan untuk mengirim pasokan listrik dari wilayah timur ke bagian barat Jawa menuju PLTU Suralaya. Aliran pasokan listriknya melalui GITET Cibinong, Depok, Gandul, Lengkong, Balaraja, lalu Suralaya.

Direktur Pengadaan Strategi 2 PLN Djoko R Abumanan menjelaskan dengan masuknya aliran listrik dari GITET Balaraja yang akan menuju ke PLTU Suralaya, maka harapannya listrik bisa pulih dan beroperasi lagi. Djoko bilang, secara bertahap hingga 6 jam ke depan upaya terus dilakukan untuk menormalkan seluruh sistem Jawa Barat dan Banten. 

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta terus diupakan pemulihan pula yang diperkirakan tak melewati pukul 00.00 WIB.

Padamnya listrik di tiga wilayah Provinsi di Pulau Jawa ini mengingatkan kejadian luar biasa serupa pada 1997. Bedanya, kala itu pemadaman total terjadi di seluruh area Jawa selama kurang lebih dua jam.