Luhut pastikan Jokowi tak ikut campur isu tambang Haris-Fatia

Luhut memastikan Presiden Joko Widodo tidak pernah membahas isu menyangkut tambang yang diangkat oleh Haris dan Fatia.

Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat hadir sebagai saksi pelapor dalam persidangan pencemaran nama baik terhadap dirinya yang diduga dilakukan oleh Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023). Foto tangkapan layar Youtube.

Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan memastikan Presiden Joko Widodo tidak pernah membahas isu terkait tambang yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti. Keduanya merupakan terdakwa dalam kasus pencemaran nama baik terhadap Luhut Binsar Panjaitan.

Awalnya, kuasa hukum Haris-Fatia bertanya soal kesempatan Luhut saat dipanggil Jokowi. Dalam pemanggilan itu, pihaknya ingin memastikan perbincangan tersebut menyangkut soal isu dari kliennya ataupun tidak.

"Apakah saudara pernah dipanggil presiden untuk membahas isu-isu yang disampaikan Haris-Fatia?," tanya kuasa hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Kamis (8/6).

"Presiden tidak pernah ngurus yang begitu-begitu," jawab Luhut.

Alhasil, pihak Haris-Fatia merasa tidak puas dengan jawaban dan menjadikan ruang sidang gaduh. Luhut menyatakan kembali, keberadaan Jokowi sebagai presiden tidak pernah mencampuri perkara tersebut.