Masalah sandal jemaah haji yang hilang dan lantai yang bisa bikin kaki melepuh

Berjalan tanpa alas kaki di siang hari cukup berisiko. Kaki bisa melepuh karena lantai Masjid Nabawi, di pelatarannya,  yang panas.

ilustrasi. foto Pixabay

Masjid Nabawi memiliki luas 400 ribu meter persegi dan terdapat 43 pintu. Ini jadi tantangan bagi para jemaah. Banyak jemaah haji yang lupa di mana menaruh sandal. Mereka pun terpaksa kembali ke hotel dengan telanjang kaki. 

Petugas Haji di Posko Utama Masjid Nabawi Siti Isnaini mengatakan persoalan sandal hilang menjadi salah satu keluhan yang disampaikan jemaah saat beraktivitas di Masjid Nabawi. Tidak jarang hal itu disebabkan mereka lupa posisi awal meletakkan atau menyimpan sandalnya.

"Padahal kadang dia lupa taruh sandalnya di mana. Mungkin dia masuk pintu mana, terus sandal diletakin di-locker. Beres salat lupa tadi sandalnya taruh di mana dan lupa juga masuk pintu lewat mana," ungkap Siti Isnaini.

Siti sangat tidak menyarankan jemaah haji nekat pulang ke hotel tanpa alas kaki. Panasnya jalan yang dilalui, tentu membahayakan kaki.

Berjalan tanpa alas kaki di siang hari cukup berisiko. Kaki bisa melepuh karena lantai Masjid Nabawi, di pelatarannya,  yang panas. Seperti yang dilaporkan di laman Kemenag.go.id, cuaca di Madinah pada siang hari bisa mencapai 43-46 derajat celcius.