Masjid Istiqlal percepat penyembelihan hewan kurban

Pemotongan dan distribusi hewan kurban di Masjid Istiqlal ditargetkan selesai sebelum Magrib.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (11/8). Alinea.di/Fadli Mubarok

Panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Istiqlal mempercepat waktu pemotongan hewan kurban tepat setelah salat Iduladha 1440 H dilaksanakan. Biasanya, penyembelihan dilakukan malam hari atau satu hari setelah salat Iduladha.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, alasan panitia mempercepat waktu penyembelihan dikarenakan adanya renovasi di sekitaran komplek masjid. Selain itu, percepatan juga dilakukan demi efesiensi waktu.

"Lebih cepat lebih baik. Hari ini juga kami targetkan selesai pemotongan dan distribusinya sebelum Magrib," kata Abu di Masjid Istiqlal, Minggu (11/8).

Abu menuturkan pihaknya mengerahkan 180 anggota panitia dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Mereka mencakup 30 penjagal dan 150 karyawan badan pelaksana pengelolaan masjid.

Pendistribusiannya daging kurban tahun ini memiliki konsep yang berbeda. Jika pada pelaksanaan Iduladha sebelumnya dengan membagikan kupon kepada masyarakat, kali ini panitia akan langsung memberikan daging kurban kepada warga sekitar yang datanya telat didapat lewat survei.