Megawati soal Natuna: Saya dukung penuh sikap Presiden Jokowi

Megawati sepakat dengan sikap Jokowi dalam menghadapi persoalan Laut Natuna, bahwa kedaulatan tak bisa dinegosiasikan.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan disaksikan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri saat Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Foto Antara/Puspa Perwitasari.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekaroputri memuji langkah Presiden Joko Widodo yang dinilai tegas dalam menghadapi persoalan di Laut Natuna. Menurut Mega, sikap Jokowi mencerminkan prinsip bebas aktif yang menjadi pedoman Indonesia dalam hubungan dengan luar negeri.

Megawati mengatakan, prinsip bebas aktif yang dianut Indonesia sejak era Presiden Soekarno, berlandaskan pada Pancasila. Dengan prinsip tersebut, Indonesia turut andil menciptakan perdamaian dan kesejahteraan dunia. 

"Aktif pada persahabatan segala bangsa, aktif dalam memperjuangkan lenyapnya penindasan kepada negara mana pun. Pendirian bebas aktif tersebut secara aktif pula harus dicerminkan dalam hubungan ekonomi dengan luar negeri," kata Megawati saat pembukaan Rakernas PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1).

Bagi dia, apa yang dilakukan Jokowi dalam persoalan Laut Natuna mencerminkan penerapan prinsip tersebut. Karena itu, Mega menyatakan dukungannya terhadap kebijakan Jokowi.

Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan langsung ke wilayah sengketa tersebut. Menurut Jokowi, persoalan kedaulatan tak bisa ditawar atau diganggu gugat. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri, juga telah mengirimkan nota protes kepada pemerintah China atas pelanggaran yang mereka lakukan di wilayah Indonesia tersebut.