Megawati terima gelar profesor kehormatan dari SIA Korsel

Anugerah profesor kehormatan SIA Korsel menambah deretan gelar yang diterima Megawati selama ini.

Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri menerima plakat anugerah profesor kehormatan dari Presiden Seoul Institute of The Arts (SIA), Dr Lee Nam Sik. Foto: Alinea.id.

Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri mendapat gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan pada Rabu (11/5). Megawati dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mempromosikan seni budaya dan ekonomi kreatif, serta dalam menjamin pendidikan yang lebih baik dalam riset dan inovasi.

Pemberian plakat guru besar dilakukan oleh Presiden SIA Dr Lee Nam Sik, disaksikan oleh sejumlah petinggi akademik di SIA Korsel. Turut hadir bersama Megawati ialah Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistyanto dan Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey.

Sebelum penganugerahan gelar profesor, dibacakan mandat pribadi Proklamator RI Soekarno kepada Megawati yang tak lain merupakan putrinya. Kemudian, mendengarkan lagu kebangsaan dua negara.

"Yang Mulia Ibu Megawati Soekarnoputri menerima plakat apreasiasi atas komitmen beliau seumur hidup dalam mempromosikan seni budaya dan ekonomi kreatif dan juga dalam menjamin pendidikan yang lebih baik dalam riset dan inovasi, tidak hanya untuk warga Indonesia tapi juga warga dunia, termasuk Korea Selatan," demikian bunyi plakat gelar profesor dari SIA Korsel, sebagaimana dibacakan pembawa acara, Rabu.

SIA Korsel sendiri telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Tanah Air seperti ITB Bandung, ISI Jakarta dan Yogkyakarta, Universitas Seni Denpasar.