Membaca peluang 2 cawagub pendamping Anies Baswedan

Bakal ada potensi menara kembar jika Riza Partria terpilih.

Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah resmi mengusulkan nama Riza Patria dan Nurmansjah Lubis sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta. Sumber: Facebook masing-masing calon

Nama Ketua DPP Gerindra, Ahmad Riza Patria resmi masuk dalam bursa calon pengganti Sandiaga Uno menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, bersaing dengan calon lainnya dari PKS, Nurmansyah Lubis.

Gerindra mengklaim bahwa terpilihnya Riza berdasarkan kesepakatan antara dua partai pengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno Pada Pemilihan Gubernur DKI 2017 lalu.

"Atas nama DPP Gerindra dan pribadi, kami mengucapkan terima kasih. Khususnya kepada DPP dan Majelis Syuro PKS. Mereka telah memberikan kesempatan kepada kami dan Gerindra dapat mengusulkan dan diusung," kata Riza di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1).

Masuknya kedua nama ini telah melewati kesepakatan resmi Gerindra dan PKS berdasarkan surat bernomor 18/B/Gerindra/PKS/I/2020 yang dibuat pada tanggal 2 Januari 2020 lalu.

Menurut Riza, namanya dan Nurmansyah bakal diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk kemudian disodorkan pada DPRD DKI Jakarta. Nantinya, mereka berdua akan melewati proses seleksi dari Panitia Pemilihan (Panli) Wagub DKI.