Menag: Belum ada kepastian ibadah haji tahun ini

Meski demikian, Kementerian Agama terus mempersiapkan diri jika ibadah haji digelar tahun ini.

ilustrasi. foto Pixabay

Kementerian Agama mengungkapkan bahwa sampai saat ini belum ada kepastian apakah ada pelaksanaan ibadah haji atau tidak oleh Pemerintah Arab Saudi. Pemerintah Indonesia masih menunggu kabar dan kepastian tersebut.

Lewat rapat daring, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan itu saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Rabu (16/2). Rapat membahas Persiapan Pelayanan dan Usulan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah. Menag mengikuti dari Rembang, Jawa Tengah.

"Sampai saat ini, kepastian tentang ada atau tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 1443 H/2022 M belum dapat diperoleh, sebagaimana yang telah kami sampaikan pada Rapat Kerja sebelumnya," tutur Yaqut, seperti disitat dari laman Kementerian Agama (Kemenag).

Meski demikian, Kementerian Agama terus mempersiapkan diri jika ibadah haji digelar tahun ini. Salah satunya adalah MoU (nota kesepahaman) tentang pelaksanaan ibadah haji dengan Kementerian Haji Arab Saudi. 

MoU itu juga untuk memperoleh kepastian kuota haji. "Namun sampai saat ini kami belum mendapat undangan dari Pemerintah Saudi untuk melakukan MoU persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H," kata Yaqut.