Menanti MRT beroperasi

PT MRT Jakarta memproyeksikan 16 rangkaian kereta akan dapat dioperasikan dalam 120 hari ke depan.

PT MRT Jakarta memproyeksikan 16 rangkaian kereta akan dapat dioperasikan dalam 120 hari ke depan./Akbar Persada

Pada dua hari terakhir jajaran pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta merasakan langsung uji coba perjalanan Mass Rapid Transit (MRT) dengan rute Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Stasiun Lebak Bulus.

Di hari pertama, Selasa (30/10), Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik mengaku puas dengan progres pembangunan MRT yang saat ini sudah masuk dalam tahap uji perjalanan. 

"Kita harus bangga punya MRT yang tidak kalah dengan negara-negara lain baik Asia maupun Eropa, dan menurut saya teknologinya canggih," ujarnya.

Sementara itu, pada uji coba gelombang kedua, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyatakan akan terus mendukung program kerja PT MRT Jakarta dari sisi landasan hukum maupun keuangan. Ia mendorong agar PT MRT mulai melaksanakan kajian pembangunan Fase III di koridor Barat-Timur.

"Saya sudah bicara dengan Direktur, yang fase tiganya harus diomongin juga. Jadi kalau kerja, ibaratnya kerja sekalian karena kalau tidak dilaksanakan bagaimana perencanaan anggaran fase III, apalagi fase II HI-Kampung Bandan sudah selesai," ujar Prasetio disela-sela kegiatannya meninjau MRT, Rabu (31/10).