Mendag kampanye anak saat bagi migor, anggota DPR: Contoh tidak baik

Presiden Joko Widodo diminta menegur Ketua Umum PAN tersebut sebagai peringatan untuk tidak mengulang perbuatan yang sama di kemudian hari.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga meluncurkan minyak goreng kemasan rakyat dengan merek MINYAKITA di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022).Foto kemendag.go.id

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto menilai, aksi Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang berkampanye untuk anaknya saat sosialisasi harga minyak goreng (migor) tidak etis dan berpotensi menyalagunakan jabatan.

Dia meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Ketua Umum PAN tersebut sebagai peringatan untuk tidak mengulang perbuatan yang sama di kemudian hari. 

"Ini contoh yang tidak baik bagi publik dalam kerangka good governance. Dukungan publik kepada pemerintah akan lemah kalau ini terus dilakukan," ujar Mulyanto dalam keterangannya, Selasa (12/7).

Mulyanto mengatakan, sebagai pejabat publik, Zulkifli harus lebih bijaksana terkait dengan sosialisasi minyak goreng Minyakita. Seharusnya, Mendag tidak mencampuradukan urusan pengelolaan negara dengan urusan politik pribadi atau keluarga. 

"Jangan sampai program migor minyakita ini menuai pesimisme publik. Kita tidak menginginkan hal itu," tegasnya.