Mendagri minta satgas daerah kendalikan stabilitas harga pangan

Tito mengatakan, kenaikan beberapa komoditas bahan pangan harus ditindaklanjuti agar kembali stabil.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi koordinasi pengendalian harga pangan di gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) kantor pusat Kemendagri, Jakarta Jumat (18/3/2022). Foto: Puspen Kemendagri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, meminta satgas pangan di daerah yang diketuai sekretaris daerah mengambil langkah strategis kendalikan stabilitas harga pangan. Menurutnya, pangan merupakan kebutuhan mendasar, sehingga bila terjadi persoalan akan berdampak ke berbagai aspek, baik politik, keamanan, dan sebagainya.

Hal itu ditegaskan Tito saat memimpin rapat koordinasi pengendalian harga pangan di gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) kantor pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (18/3). Rakor ini dihadiri langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi. 

Tito mengatakan, kenaikan beberapa komoditas bahan pangan harus ditindaklanjuti agar kembali stabil. Pekerjaan ini perlu ditangani serius, tidak hanya oleh pemerintah pusat, tapi juga perlu dilakukan oleh pemerintah daerah (pemda) baik provinsi maupun kabupaten/kota.

"Tolong mulai hari ini betul-betul satgas pangan rapat. Rapat untuk membahas stabilitas pangan di daerah masing-masing, dan mengambil langkah-langkah baik memenuhi suplai maupun untuk menjaga agar distribusi betul-betul lancar sehingga rakyat tersedia pangan," ujar Tito dalam keterangannya, Jumat (18/3).

Selain itu, Tito juga meminta agar satgas pangan pemda dapat bekerja secara paralel dengan satgas pangan yang dibentuk kepolisian. Hal itu dilakukan dengan mengacu pada tugas masing-masing satgas.