Menderita stroke, mantan Menpora Mahadi Sinambela meninggal dunia

Mahadi Sinambela diketahui terserang stroke sejak 2017.

Berkursi roda, Mahadi Sinambela ketika terserang stroke dijenguk oleh Wali Kota Tanjungbalai. Foto: Ist

Mahadi Sinambela, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur dikabarkan meninggal dunia pada Jumat, 1 Maret 2019 sekitar pukul 11.00 WIB. Pria kelahiran Tanjung Balai, Sumatra Utara, pada 5 Agustus 1947 itu meninggal pada usia 71 tahun.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial Whatsapp, Mahadi meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Mahadi diketahui terserang stroke dalam beberapa tahun terakhir. Adapun rumah duka almarhum terletak di Jl Rapih, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Semasa kuliah, Mahadi Sinambela begitu lekat dengan dunia aktivis. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam cabang Yogyakarta. Mahadi menyelesaikan studi sarjananya di FISIP Universitas Gadjah Mada pada 1974. Kemudian berlanjut S2 MAP di univeristas yang sama pada 2001.

Sebelum berada di pemerintahan, karir politik Mahadi Sinambela dimulai dengan menjabat sebagai anggota DPR dari fraksi Partai Golkar pada1994. Selama di Golkar itulah, Mahadi dikenal loyal terhadap politikus senior yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tandjung. 

Baru kemudian setelah dibentuknya Kabinet Persatuan Nasional, Mahadi dipercaya Gusdur menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga.