Mendikbud belum bisa pastikan pembukaan kembali operasional sekolah

Mendikbud juga belum dapat memastikan para siswa dapat kembali belajar di sekolah pada awal tahun 2021.

Siswa kelas 3 SD mengikuti kegiatan belajar mengajar di rumah dari Kemendikbud melalui siaran televisi TVRI di Depok, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020). Foto Antara/Yulius Satria Wijaya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengaku belum dapat memastikan waktu pembukaan kembali operasional sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih melakukan kajian berdasarkan kondisi pandemi Covid-19 di tanah air.

"Mengenai isu pembukaan sekolah kembali, kami memang sudah menyiapkan beberapa skenario. Namun, hal itu menjadi diskusi pada pakar-pakar dan keputusannya masih dalam pembahasan Gugus Tugas (Percepatan Penanganan Covid-19)," ujar Nadiem dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR, di Jakarta, Rabu (20/5).
pada awal tahun 2021.

Dia menjelaskan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengenai hal tersebut. Karena itu, Nadiem meminta masyarakat tak mempercayai isu yang menyebut sekolah akan kembali dibuka pada awal tahun 2021.

"Saya tidak bisa memberikan pernyataan apa-apa, karena keputusannya ada pada Gugus Tugas," ujar Nadiem.

Menurut Nadiem, pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan tak hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai negara dunia. Kegiatan belajar mengajar yang lazimnya berlangsung di sekolah, harus dilakukan di rumah setelah terjadi pandemi.