Mendikbud usung 4 program prioritas bidang pendidikan pada G20

Nadiem Makarim pun bakal memamerkan Program Merdeka Belajar yang diusungnya.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim, memberikan sambutan dalam acara Kick Off G20 on Education and Culture di Jakarta, Rabu (9/2/2022). Pada kesempatan ini, dia membahas hal-hal yang akan dilakukannya dalam Presidensi G20 Indonesia nanti, termasuk 4 program prioritas. Dokumentasi Kemendikbudristek

Indonesia menjadi Presidensi G20 pada 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki empat agenda prioritas yang akan diusung dalam kegiatan internasional tersebut.

"Ada empat agenda prioritas bidang pendidikan yang akan kami perjuangkan sebagai pimpinan Kelompok Kerja Pendidikan G20," ucap Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dalam acara "Kick Off G20 on Education and Culture" di Jakarta, Rabu (9/2).

"Pertama, pendidikan universal yang berkualitas; kedua, teknologi digital untuk pendidikan; ketiga, solidaritas dan kemitraan; [serta] keempat, masa depan dunia kerja pasca-Covid-19," imbuh pendiri Gojek ini.

Dalam G20 nantinya, Nadiem pun bakal memamerkan Program Merdeka Belajar yang diusungnya. Melansir situs web Kemendikbudristek, dirinya ingin kebijakannya itu ditiru negara-negara lain.

Sementara itu, di bidang kebudayaan, Nadiem menerangkan, bakal digelar Konferensi Seni dan Budaya untuk Pemulihan. Pun pertemuan puncak dengan menteri-menteri kebudayaan akan diadakan di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).