Menhan Prabowo: Harus ada keberanian pindahkan ibu kota

Presiden Jokowi, Menhan Prabowo Subianto, dan Menteri PUPR meninjau akses sodetan menuju ibu kota negara.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Menhan Prabowo sebelum bertolak menuju Kalimantan Timur (Kaltim) Selasa (24/08/2021)/Foto Setkab.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung sodetan akses jalan menuju rencana ibu kota negara di Provinsi Kalimantan Timur. Sodetan akses berlokasi di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 14.

Presiden dan rombongan dalam perjalanan dari Kota Samarinda ke Kota Balikpapan, Selasa (24/08). Rombongan melihat sodetan akses itu.

"Kita melihat ini lebih detail lagi karena untuk membangun ibu kota baru yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu untuk nanti membawa logistik," ujar Presiden di lokasi.

Presiden didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Ketiganya berdiskusi seraya melihat peta dan meninjau dengan teropong.

Jokowi menjelaskan, dia dan dua pembantunya itu melihat detail. Juga mendiskusikan di mana kira-kira dibangun pelabuhan dan lapangan udara. "Kalau kita melihat ke lapangan seperti ini akan lebih mudah. Itu saja," kata Jokowi.