Menhub minta realisasi proyek pengujian kendaraan bermotor dipercepat

Kehadiran proving ground di Indonesia dapat mendukung pengujian kendaraan bermotor di dalam negeri.

Pertemuan Menhub Budi Karya Sumadi dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji di Jakarta, Senin (3/10/2022). Dok. Humas Kemenhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta percepatan realisasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) di proyek proving ground dapat segera dilakukan. Realisasi proyek Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi dilaksanakan oleh konsorsium pemenang proyek.

Hal itu disampaikan Budi saat menemui Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Senin (3/10).

Sesuai kesepakatan, kata Budi, finalisasi PKS harus dilakukan setelah terpilihnya konsorsium pemenang proyek pembangunan proving ground.

"Kami mendorong segala syarat dan ketentuan dapat dipenuhi oleh konsorsium secepat mungkin,” kata Budi dalam keterangannya, dikutip Selasa (4/10).

Proyek pembangunan proving ground dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dan telah melalui beberapa tahapan untuk menentukan pemenang proyek.