Menhub sebut bandara baru di Mentawai dioperasikan tahun ini

Bandara Rokot Mentawai dibangun untuk menggantikan bandara lama, yaitu Bandara Rokot Sipora.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (13/8), meninjau progres pembangunan bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat. Foto Kemenhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau progres pembangunan bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat, yang merupakan salah satu pulau di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Bandara Rokot Mentawai dibangun untuk menggantikan bandara lama, yaitu Bandara Rokot Sipora, yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi, karena dibatasi laut lepas.

“Saya menjalankan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah 3TP, seperti Mentawai terjaga dengan baik. Tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya, tetapi memastikannya dapat dimanfaatkan dengan baik. Saya sudah tiga kali datang ke sini dari sebelum dibangun, sedang dibangun, dan sekarang ini, untuk mengawal ini dengan maksimal,” ujar Menhub dalam keterangan resminya, Minggu (13/8).

Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara. Bandara baru ini siap dioperasikan tahun ini.

“Kemungkinan bulan depan Bapak Presiden akan datang ke sini," ucap Menhub.