Menkes ajak anak-anak jaga kesehatan gigi dan mulut

Budi menilai, pemeriksaan gigi dan mulut di sekolah penting dilakukan.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau pemeriksaan gigi dan mulut anak SDN Gunung Geulis 01, Kabupaten Bogor,Kamis (18/8). Dok. Humas Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengingatkan kepada para guru dan orang tua agar anak-anak rajin menyikat gigi dan rutin melakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali. Hal itu disampaikan dalam sambutan Menkes Budi saat meninjau pemeriksaan gigi dan mulut anak SDN Gunung Geulis 01, Kabupaten Bogor, Kamis (18/8).

“Kesehatan gigi itu tidak boleh terlalu banyak makan dan minum yang manis-manis, sikat giginya mesti rajin, dan minimal periksa gigi setahun dua kali,” kata Budi dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (18/8).

Budi mengatakan, program pemerintah untuk mengatasi masalah gigi anak-anak dilakukan dengan mengaktifkan kembali Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Sebab, saat ini, sekitar 88% anak Indonesia memiliki masalah gigi.

“Kita akan mengaktifkan kembali Usaha Kesehatan Sekolah. Nanti puskesmas-puskesmas dan posyandu akan kita seringkan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah melalui unit kesehatan sekolah agar bisa melakukan pemeriksaan gigi ke anak-anak,” ujarnya.

Budi menilai, pemeriksaan gigi dan mulut di sekolah penting dilakukan sebagai upaya agar anak-anak mau melakukan pemeriksaan gigi. Pasalnya, ada stigma soal pemeriksaan gigi yang membuat masyarakat enggan memeriksakan gigi anak-anak mereka.