Menkes Budi: 80% kasus Covid-19 di Indonesia varian baru

Menurut Budi, Indonesia kemungkinan sudah mencapai puncak kenaikan kasus Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers daring terkait Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Senin (4/7).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, sub-varian baru BA.4 dan BA.5 telah mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia. Ini terkait dengan tren kenaikan kasus di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

"Sekarang di Indonesia, BA.4 dan BA.5 sudah lebih dari 80% dari varian yang kita genome sequence. Bahkan untuk di DKI Jakarta itu sudah 100%," kata Budi dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Senin (4/7).

Budi menyebut, kenaikan kasus Covid-19 terjadi secara global, bukan hanya di Indonesia. Puncak kasus yang disebabkan varian baru umumnya terjadi dalam 30-40 hari sejak kasus pertama kali ditemukan.

Menurut Budi, Indonesia kemungkinan sudah mencapai puncak kenaikan kasus Covid-19. Terlebih, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, dominasi dari sub-varian BA.4 dan BA.5 sudah berada di angka yang tinggi.

"Indonesia ini sudah sekitar 30 hari. Jadi, kita mungkin masih ada waktu satu atau dua minggu kedepan. Kalau kita bandingkan dengan negara-negara lain, seharusnya puncaknya sudah tercapai," ujarnya.