Menkes janji bantu puskesmas galakkan 3T

Kemenkes dorong puskesmas lakukan tracing Covid-19 berkualitas.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers/Foto Setkab.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berjanji akan membantu puskesmas agar dapat menggalakkan 3T (testing, tracing, treatment) dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Sebab, pusat kesehatan masyarakat memiliki peran strategis dalam menjaga kesehatan masyarakat. Juga berperan dalam meringankan beban rumah sakit (RS) dari lonjakan pasien Covid-19.

“Nanti, kami akan mempermudah dan melengkapi seluruh puskesmas agar mereka bisa melakukan testing dengan baik. Itu untuk suspect maupun untuk kontak erat,” ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (1/2).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kata dia, bakal mendorong puskesmas agar dapat melakukan tracing berkualitas. Juga membantu puskesmas dalam upaya mengkoordinasi isolasi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Budi juga meminta petugas puskesmas dapat melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

Puskesmas memiliki peran sangat penting dalam mengubah perilaku masyarakat. Sebagai titik paling ujung dan terdekat dengan masyarakat, puskesmas dapat berkontribusi dalam melandaikan kurva pandemi. Menurut Budi, puskesmas merupakan masa depan sistem kesehatan di Indonesia.