Menkes kembali jelaskan alasan WNI tidak dievakuasi dari Wuhan

Terdapat dua alasan mengapa tujuh orang tersisa tidak dievakuasi.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2). Foto Antara/Hafidz Mubarak A/wsj.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memaparkan alasan mengapa hanya 238 orang WNI yang dievakuasi pemerintah dari Wuhan ke Indonesia. Padahal total WNI yang ada di wilayah tersebut berjumlah 245 orang.

Pemaparan tersebut disampaikannya dalam Rapat Kerja (Raker) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Komisi IX DPR. Menurut Terawan, terdapat dua alasan mengapa tujuh orang tersisa tidak dievakuasi.

"Empat orang mengundurkan diri. Mereka tidak mau (pulang) karena lebih merasa nyaman di Wuhan, dan mereka membuat surat pernyataan bahwa aman supaya tidak ada salah sangka," kata Terawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (3/2).

Berbeda dari keempat WNI ini, tiga orang WNI sisanya tidak dievakusi karena alasan kesehatan. Diakui Terawan ketiga WNI tersebut tidak diperkenankan meninggalkan Wuhan oleh otoritas kesehatan China di sana lantaran tidak lolos dalam screening kesehatan saat didata.

Hal itulah yang menyebabkan pemerintah tidak bisa mengevakuasi mereka ke Indonesia. Apapun sakitnya, jika tidak lolos pemeriksaan siappun tidak boleh meninggalkan Wuhan sampai dinyatakan benar-benar sehat.