Menkes: Vaksinasi Covid-19 Indonesia masuk lima besar dunia

Pada 2022, sekitar 450 juta dosis vaksin telah disuntikkan ke 204 juta masyarakat Indonesia.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Dokumentasi Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi penyebaran Covid-19 sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020. Salah satunya adalah upaya vaksinasi yang dinilai efektif menurunkan penularan kasus Covid-19.

"Vaksinasi ini sudah berhasil menurunkan secara drastis kasus Covid-19 di Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa program vaksinasi kita dilakukan dengan cukup efektif," kata Budi dalam konferensi pers daring yang disiarkan di saluran YouTube Kementerian Kesehatan RI, Kamis (5/1).

Disampaikan Budi, vaksinasi Indonesia sudah masuk peringkat lima besar dunia setelah China, India, Amerika Serikat, dan Brazil. Pada 2022, sekitar 450 juta dosis vaksin telah disuntikkan ke 204 juta masyarakat Indonesia, dari target populasi sekitar 234 juta orang.

Indonesia sempat mengalami dua gelombang besar Covid-19, yaitu gelombang Delta pada Juni-Juli 2021 dan gelombang Omicron pada Juni-Juli 2022.

Namun, dengan tingkat cakupan vaksinasi yang tinggi setelah gelombang varian Omicron, Budi menyebut, lonjakan kasus baru tidak ditemukan lagi di Indonesia.