Menko PMK: 60% ibu hamil di RSKIA Bandung terpapar Covid-19

Hingga saat ini, tingkat keterisian tempat tidur BOR di RSKAI telah mencapai lebih dari 80%.

Menko PMK, Muhadjir Effendy, saat menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, Senin (13/7/2020). Foto Humas Setkab/Agung

Sebanyak 60% ibu hamil di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) terpapar Covid-19. Demikian disampaikan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy

"Di RSKIA ini ibu hamil yang terkena Covid-19 hampir 60%. Ini menunjukkan Covid-19 sudah tidak pandang bulu, ibu hamil bahkan berisiko pada anak yang dikandungnya," Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Kamis (17/6).

RSKIA sebagai salah satu RS rujukan Covid-19 telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jabar No. 445/Kep.186-Dinkes/2020 dinilai sigap menangani ibu hamil yang terindikasi dan telah dinyatakan positif Covid-19.

Penanganan ibu hamil, menurut dia, yang terindikasi dan telah dinyatakan positif Covid-19 di RSKIA dilakukan intensif hingga saat melahirkan.

"Anak yang dilahirkan juga akan langsung ditangani dan diperiksa ulang untuk memastikan apakah dia suspect atau sudah positif Covid-19 seperti yang terjadi pada ibunya," ucapnya.