Menko PMK bersyukur penanganan mudik 2023 berjalan baik: Alhamdulillah

Angka kecelakaan pada mudik Lebaran 2023 turun 39% menjadi 2.117 kasus dibandingkan 2022 sebesar 3.573 kasus.

Menko PMK, Muhadjir Effendy, bersyukur penanganan mudik Lebaran 2023 berjalan baik. Dokumentasi Kemenko PMK

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, meninjau sejumlah jalan guna memastikan arus mudik Lebaran 2023 berjalan lancar. Pengecekan dilakukan dari ruas tol Cikampek, seperti tempat istirahat (rest area) Subang dan Majalengka serta Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

"Alhamdulillah, secara umum masih lancar arus mudik terakhir ini. Hanya beberapa ruas jalan mengalami kelambanan karena harus berbagi antara mereka yang akan masuk ke rest area, seperti di rest area Km 102A, dengan mereka yang akan terus melanjutkan perjalanan," ucapnya saat melihat kepadatan menuju rest area 102A tol Cipali, Minggu (23/4).

Arus kendaraan pun berjalan lancar dan tanpa hambatan apa pun di Subang hingga Kalikangkung. Pun demikian dengan arus lalu lintas menuju Salatiga.

"Semuanya termasuk lancar. Memang ada kepadatan, sudah mulai ada perimbangan antara yang arus mudik dari Jakarta dan ada juga yang sudah mulai kemas-kemas arus balik menuju ke Jakarta," kata Muhadjir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau para pemudik agar berhati-hati dalam perjalanan. Kemudian, menunda atau mengundur jadwal kembalinya ke tempat kerja jika tidak ada urusan mendadak.