Menkominfo: Perkuat komitmen dan kolaborasi jadi enabler masyarakat Industri 4.0

Tugas Kemkominfo menyediakan ekosistem digital dari hulu ke hilir, mencakup pembangunan infrastruktur telekomunikasi hingga memasti

Menkominfo Johnny G. Plate. Foto Antara/Indrianto Eko Suwarso/pd.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjadi pengaktif bagi masyarakat Indonesia memasuki era industri 4.0. Menurut Menkominfo Johnny G. Plate, untuk menjalankan tugas itu diperlukan komitmen yang kuat serta kolaborasi dengan kementerian, lembaga dan ekosistem.

"Bangsa kita bahkan di seluruh dunia akan terus membicarakan digitalisasi. Untuk Indonesia, tugas utama dan landasan dasarnya dipercayakan kepada kita, karena Kominfo adalah enabler (pengaktif) untuk masyarakat Indonesia masuk ke industri 4.0," kata Johnny dalam keterangannya, Sabtu (29/1) malam.

Johnny menekankan, tugas Kementerian Kominfo menyediakan ekosistem digital dari hulu ke hilir, mencakup pembangunan infrastruktur telekomunikasi hingga memastikan kualitas talenta digital nasional.

Mengawali pelaksanaan program untuk Tahun Anggaran 2022, Kemenkominfo mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun infrastruktur telekomunikasi hingga penyiapan regulasi atau payung hukum yang memadai.

"Kita diberikan tanggung jawab untuk memastikan ketersediaan infrastruktur ICT yang merata di seluruh wilayah Tanah Air, dan juga memastikan bahwa hilirisasi infrastruktur ICT harus sudah dimanfaatkan dan digunakan secara optimal dan maksimal," ujarnya.