sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kian banyak yang berburu komisi Tokopedia Affiliate Program

Tokopedia Affiliate Program memungkinkan siapa pun menjadi pemengaruh (influencer) dan mendapatkan komisi melalui promosi produk.

Alfaridzi Putra Dwi
Alfaridzi Putra Dwi Senin, 28 Nov 2022 18:59 WIB
Kian banyak yang berburu komisi Tokopedia Affiliate Program

Performa Tokopedia Affiliate Program, yang diluncurkan sejak awal tahun ini, mengalami peningkatan. Pangkalnya, kian banyak pengguna aktif Tokopedia Affiliate pada kuartal III-2022 dibandingkan periode-periode sebelumnya.

Tokopedia Affiliate Program memungkinkan siapa pun menjadi pemengaruh (influencer) dan mendapatkan komisi melalui promosi produk. Barang/jasa yang ditawarkan tersebut lalu dibagikan ke media sosial menggunakan tautan (link) afiliasi.

"Animo masyarakat terhadap Tokopedia Affiliate Program sangat tinggi. Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate naik hampir 5 kali lipat di kuartal III-2022 dibandingkan dengan kuartal I-2022," kata AVP of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari. 

Pengguna Tokopedia Affiliate bisa meraih komisi hingga 10% maksimal Rp50.000 ketika produk berhasil terjual dari tautan yang dibagikan. Komisi Rp50 juga bisa didapatkan dari setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan afiliator (affiliate).

"Affiliate bisa memantau secara real-time performa dari link afiliasi pada halaman dashboard yang bisa diakses kapan pun lewat aplikasi Tokopedia. Selain itu, affiliate bisa bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia untuk berbagi pengalaman dan mengasah skill," tutur Nirmala.

Menurutnya, afiliator juga bisa membuat strategi pemasaran, khususnya UMKM lokal, agar menjadi lebih interaktif dan menarik. Pasalnya, affiliate bisa mempromosikan produk/toko penjual secara lebih kreatif melalui ulasan/video tutorial kepada kerabat, rekan, atau kreator konten lainnya.

Penjual pun menikmati hasilnya. Sebab, jangkauan pasar kian luas dan meningkatkan penjualan.

"Pegiat usaha tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk affiliate karena komisi atas kunjungan ke produk atau toko dan penjualan produk yang dipromosikan affiliate akan dibayarkan sepenuhnya oleh Tokopedia. Sehingga, pegiat usaha pemula sekali pun bisa mencoba Affiliate Marketing dengan Tokopedia Affiliate Program," ucapnya.

Sponsored

"Tokopedia juga melihat jumlah anggota yang bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia naik 2 kali lipat. Sedangkan jumlah transaksi yang terjadi melalui Tokopedia Affiliate Program meningkat 4 kali lipat," tandas Nirmala.

Berita Lainnya
×
tekid