Mensos akan perluas penyaluran BPNT tahap IV

Salah satu pencapaian yang dibahas adalah mengenai tranformasi program beras sejahtera (Rastra) ke bantuan pangan non-tunai

Petugas Bulog Kendari menyalurkan "Beras KitA" 5 Kilogram Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial di salah satu agen pedagang bahan pangan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (25/10)./AntaraFoto

Pemerintah tengah mendiskusikan perluasan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap IV sebagai penyelesaian tahap akhir BPNT di 2018.

Menurut Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, salah satu pencapaian yang dibahas dalam diskusi tersebut adalah mengenai tranformasi program beras sejahtera (Rastra) ke bantuan pangan non-tunai (BPNT).

"Kami sedang mengupayakan agar transformasi Rastra ke BPNT itu bisa selesai 100% pada Februari 2019," ujar Mensos Agus setelah menghadiri Rapat Tingkat Menteri terkait Perluasan BPNT di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (8/11).

Agus meyakini target tersebut dapat terpenuhi dengan catatan daerah-daerah yang menjadi sasaran penerima BPNT dapat mempersiapkan pemenuhan kriteria yang dibutuhkan.

"Memang masih ada beberapa daerah-daerah yang belum punya kesiapan secara infrastruktur maupun aplikasi e-warung. Meski demikian, untuk daerah-daerah itu nanti tetap diberi fleksibilitas," ungkapnya.