Menteri Agama klaim layanan haji sudah siap

Kemenag menyewa 165 hotel di Makkah yang tersebar di tujuh wilayah, diantaranya, Aziziah (19 hotel), Mahbas Jin (16), Misfalah (23).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ketika mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (4/6). /AntaraFoto

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan layanan untuk jamaah Indonesia di Arab Saudi pada musim haji 1439 H/ 2018 M sudah siap. Penegasan itu disampaikan Menag usai melakukan pengecekan langsung sejumlah layanan haji, baik di Madinah maupun Makkah.

"Alhamdulillah, 'checking' persiapan akhir haji 2018 berjalan lancar. Bersyukur bahwa hotel-hotel di Madinah dan Makkah, transportasi dan katering telah siap," kata Lukman seperti dilansir Antara, Senin (12/6).

Menag Lukman bertolak ke Arab Saudi pada Kamis (7/6). Setiba di Jeddah, Menag langsung memimpin rapat bersama jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah,tim penyedia layanan serta Konjen RI di Jeddah dan tim Kantor Urusan Haji (KUH). 

"Secara keseluruhan, layanan akomodasi, transportasi dan konsumsi sudah siap 90-95%. Tinggal finalisasi kontrak beberapa hotel di Madinah dan penyelesaian kontrak katering," kata dia.

Kemenag menyewa 165 hotel di Makkah yang tersebar di tujuh wilayah,yaitu Aziziah (19 hotel), Mahbas Jin (16), Misfalah (23), Jarwal (6), Syisyah (57), Raudhah (29) dan Rei Bakhsy (15).