Menteri Agama lepas pemberangkatan jemaah haji

Sebelum melepas pemberangkatan jemaah haji, Menag menyapa jemaah yang berada di dalam bus kloter 01.

Menag menyapa dan melepas jemaah Kloter I Embarkasi Surabaya./dok.Kemenag

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi melepas pemberangkatan jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Surabaya (SUB 01) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pada Selasa pagi (17/7).

Sebelum melepas pemberangkatan jemaah haji, Menag didampingi Wakil Ketua Komisi VIII Hamka Haq, Kakanwil Kemenag Jatim dan Dirjen Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, menyapa jemaah yang berada di dalam bus kloter 01.

Dalam sambutannya di hadapan calon jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Situbondo, Menag Lukman Hakim mengucapkan selamat dan doa agar seluruh jemaah haji senantiasa dalam keselamatan dan dilindungi Allah SWT.

"Saya ingin mengajak untuk mensyukuri  para jemaah ditakdirkan dan dipilih sebagai tamu-tamu Allah SWT. Ini adalah kemulian yang harus disyukuri. Karena begitu banyak hamba-hamba Allah yang tidak semuanya bisa menunaikan ibadah haji," ujar Menag dalam keterangan resminya.

Para jemaah diminta untuk mensyukurinya dengan menjalankan seluruh rangankaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Juga, mempelajari seluruh pedoman yang telah dibuat oleh Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan dalam rangka menjalani proses ibadah haji.