Menteri LHK ungkap pentingnya informasi geospasial dukung perencanaan pembangunan di Indonesia

Ada pun penghargaan Bhumandala Ariti kategori pemerintah pusat diraih oleh Kementerian Perhubungan dan Badan Restorasi Gambut & Mangrove.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Foto:

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendapatkan penghargaan dari Badan Informasi Geospasial (BIG) pada ajang Bhumandala Award Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11).

Penghargaan Bhumandala Kanaka dengan kriteria Simpul Jaringan Terbaik kategori Kementerian/Lembaga, diterima langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Siti mengatakan, informasi geospasial merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung pemetaan wilayah di Indonesia. Khususnya bagi Kementerian LHK, di mana wilayah Indonesia yang 63% merupakan hutan, informasi geospasial penting untuk melengkapi data terkait suatu wilayah.

"Kementerian LHK mendapatkan award yang tertinggi, saya kira itu sesuatu yang sangat baik buat kita, karena dengan demikian kita menguasai data dan informasinya. Dalam konsep bernegara, peta itu sama dengan instrumen pertarungan politik juga, jadi geopolitik juga main di situ," kata Siti usai menerima penghargaan, Jumat (25/11) malam.

Disampaikan Siti, informasi geospasial juga penting untuk dipahami oleh para pemangku kebijakan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menjaga pengelolaan sumber daya dalam negeri, bahkan juga bisa berkontribusi untuk lingkup global.