Menteri Nila sebut Program Indonesia Sehat berhasil

Menteri Nila menyebut persentase angka kematian ibu dan bayi turun, berikut juga status gizi masyarakat mengalami perbaikan.

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menyebut Program Indonesia Sehat berhasil./Antara

Pemerintah mengklaim Program Indonesia Sehat berhasil dalam upaya memperbaiki kesehatan keluarga khususnya untuk ibu dan anak. Selain layanan kesehatan yang makin baik, kesadaran untuk hidup sehat juga makin tinggi. 

Menteri Kesehatan Nila Moeloek merinci kalau data pelaporan rutin dari provinsi menunjukkan angka penurunan jumlah kematian ibu dan bayi. Misalnya, Angka Kematian Ibu (AKI) mengalami penurunan dari 390 per kelahiran hidup 100.000 pada tahun 1990 (SDKI, 1990) menjadi 305 per kelahiran hidup 100.000 (SUPAS, 2015).

Penurunan AKI dan AKB disebut Menteri Nila karena beberapa faktor. Salah satunya, Puskesmas dengan jumlah 9.456 yang telah melaksanakan kelas ibu hamil. 

Kemudian sebanyak 96,1% adalah persentase ibu hamil pernah mendapatkan pelayanan pemeriksaan kehamilan (antenatal) sekali selama kehamilannya. Lalu, kesadaran ibu hamil untuk memeriksakan kandungannya juga cukup tinggi dengan persentase 86% yang dilakukan sekali pada trimester 1. 

Menteri Nila juga menyebut kalau sebanyak 74,1% ibu hamil periksa sesuai standar. Kemudian, persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan telah mencapai 86%.