Menyelesaikan persoalan Papua tak cukup bangun jalan dan bandara 

Dalam menyikapi peristiwa yang terjadi di Papua pemerintah harus berhati-hati.

Aparat keamanan melakukan pengamanan saat aksi unjuk rasa memprotes rasisme di Papua. Antara Foto

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengingatkan kepada pemerintahan Joko Widodo terkait Papua. Menurutnya, menyelesaika persoalan Papua tidak cukup hanya melalui pembangunan jalan dan bandara. Tetapi, pemerintah harus merebut hati masyarakat Papua untuk menyelesaikan persoalan di daerah tersebut. 

"Hati masyarakat Papua harus direbut, tidak bisa hanya dengan membangun jalan saja dan tidak hanya membangun bandara," kata Zulkifli Hasan di sela-sela acara Jalan Sehat Empat Pilar MPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (26/8).

Dia mengakui, Papua harus mendapatkan perlakuan khusus dan kesetaraan dari pemerintah. Menurutnya, hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Namun, bisa dijalankan asalkan ada kemauan. Presiden Joko Widodo sudah sering mengunjungi Papua, namun menyelesaikan persoalan di sana harus dilakukan bersama-sama tidak hanya presiden saja.

“Harus bersama-sama, tidak bisa pemerintah saja. DPR dan TNI-Polri bisa terlibat. Misalnya kami (PAN) mencalonkan putra terbaik Papua untuk DPR RI, alhamdulillah dapat dua. Itu contoh merebut hati masyarakat Papua,” ujarnya.

Menurut dia, dalam menyikapi peristiwa yang terjadi di Papua pemerintah harus berhati-hati. Pemerintah disebutnya harus benar-benar fokus menyelesaikan persoalan Papua karena menyangkut persoalan multidimensi.