MRT beroperasi, Transjakarta Koridor 1 terancam dihapus

Rute MRT fase I (Lebak Bulus-Bundaran HI) beririsan dengan Transjakarta koridor 1 (Terminal Blok M-Kota).

Dengan beroperasinya MRT, operasional Transjakarta koridor 1 (Terminal Blok M-Kota) terancam dihentikan. / transjakarta.co.id

Angkutan publik Moda Transportasi Raya (MRT) fase I Lebak Bulus (Jakarta Selatan) ke Bundaran Hotel Indonesia  (Jakarta Pusat) sepanjang 15,7 kilometer (km) resmi beroperasi. Dengan beroperasinya MRT, operasional Transjakarta koridor 1 (Terminal Blok M-Kota) terancam dihentikan.

Direktur Angkutan Multimoda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Ahmad Yani mengatakan koridor 1 Transjakarta rute Lebak Bulus – Kota kemungkinan akan dihapus. Sebab, rute ini beririsan dengan MRT.

Yani mengungkapkan, saat ini, pihaknya tengah melakukan kajian untuk mengubah rute (re-routing) Transjakarta khususnya untuk koridor 1 tersebut. Koordinasi juga akan dilakukan dengan Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan PT Transportasi Jakarta.

“Sehingga Transjakarta nanti bisa menjadi feeder (bus pengumpan) buat MRT,” kata Yani kepada Alinea.id, Senin (25/3).

Yayat mengatakan beroperasinya MRT di jalur Lebak Bulus hingga Bundaran HI memang akan berpotensi menciptakan persaingan dengan Transjakarta. Di sisi lain, jika koridor 1 Transjakarta dihilangkan, perusahaan berpotensi kehilangan pendapatan.