Mudik diizinkan, ini sektor yang bakal terdorong

Untuk mengoptimalkan pelonggaran mudik ini maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memperluas vaksinasi booster.

Ilustrasi mudik. Foto Dok Antara

Setelah dua tahun melarang mudik, tahun 2022 ini pemerintah telah mengambil kebijakan berbeda. Pemerintah mengizinkan mudik lebaran dilakukan tahun ini. Kebijakan ini diyakini akan membuat beberapa sektor tumbuh lebih baik ketimbang sektor lainnya.

Ekonom Institute for Development of Economics (Indef) Rusli Abdullah mengatakan, secara sektoral yang bakal tumbuh akibat kebijakan ini adalah sektor transportasi, baik penggunaan moda transportasi darat, laut maupun udara.

Kemudian sektor akomodasi, mulai dari penginapan, hotel, hingga restoran. Lalu sektor perdagangan, dan terakhir adalah sektor pariwisata. "Dampak terhadap pertumbuhan (ekonomi) pasti ada. Seberapa besar porsi atau angkanya, saya belum ada hitungannya," papar Rusli kepada Alinea.id, Jumat (25/3).

Menurut Rusli, untuk mengoptimalkan pelonggaran mudik ini, di mana vaksin booster menjadi syarat, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memperluas vaksinasi booster.

"Kedua, optimasi pengawasan protokol kesehatan (prokes). Dan ketiga sosialisasi prokes yang maksimal," lanjutnya.