Mudik gratis dan jaga kesehatan dalam perjalanan

Perjalanan mudik menjelang lebaran seperti sebuah tradisi masyarakat Indonesia. Pemudik banyak yang memanfaatkan mudik gratis.

Warga Ibukota bersiap mudik menjelang lebaran. / Antara Foto

Kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam hidup manusia, karena tanpa kesehatan mustahil seseorang dapat menikmati hidup.

Semua aktivitas butuh kesehatan, termasuk ketika akan mudik ke kampung halaman, seperti yang akan dilakoni hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Lebaran 2018.

Tujuan dari mudik sendiri adalah bersilaturahmi, bertemu keluarga besar dan kawan lama yang telah lama tidak berjumpa. Oleh karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat tiba di tempat tujuan, tetap dalam keadaan sehat.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan ada empat hal yang menjadi potensi masalah saat mudik, yakni kecelakaan lalu lintas, pemudik sakit, pengemudi tidak fit, dan kurang paham kesehatan.

"Isu kesehatan tidak mengenal libur. Kesiapsiagaan sudah menjadi SOP dalam masa apapun. Demikian pula pada masa cuti bersama dan libur Lebaran, pelayanan kesehatan tetap berjalan seperi biasa," kata Menkes seperti dilansir Antara, Jumat (8/6).