Mulai besok 12 Juli, Kemenhub gelar uji coba LRT Jabodebek

Uji coba dilakukan untuk memperkenalkan dengan mengajak masyarakat untuk merasakan pengalaman baru menggunakan LRT Jabodebek.

Foto: Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek Rabu, 12 Juli 2023 besok. Keputusan ini berdasarkan rapat koordinasi yang digelar Kemenhub Senin kemarin.

“Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok tanggal 12 s.d 15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas,” demikian disampaikan Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Selasa (11/7).

Selain Risal Wasal, rakor dihadiri sejumlah stakeholder terkait di antaranya yaitu: Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI Mochamad Purnomosidi, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAIJohn Roberto, perwakilan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Depok dan Bekasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dan jajaran Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.

Risal menjelaskan telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian. Surat itu terkait dengan kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan. 

Surat itu diterima setelah ada rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.