Nataru, Menhub minta warga Jakarta tak liburan di luar kota

"Kalau tidak terlalu penting untuk bepergian, sebaiknya rekreasi di Jakarta saja."

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Dokumentasi Kemenhub

Masyarakat Jakarta disarankan tidak liburan ke luar kota. Pangkalnya, ada potensi cuaca ekstrem dan dapat mengganggu kelancaran perjalanan pada periode libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada adanya risiko banjir. Kalau tidak terlalu penting untuk bepergian, sebaiknya rekreasi di Jakarta saja," kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat memantau jalur tol Jakarta-Cikampek, Jumat (23/12).

Meskipun demikian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam menyiapkan sejumlah upaya antisipasi kepadatan dan menanggulangi risiko banjir. Misalnya, membuat gorong-gorong di jalan tol dan melakukan rekayasa pembuatan hujan.

Budi Karya menambahkan, juga telah disiapkan manajemen rekayasa lalu lintas (lalin), seperti one way dan contra flow, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan. Kebijakan tersebut akan diberlakukan Korlantas Polri.

"Saya minta rekan-rekan kepolisian dalam menerapkan rekayasa lalin juga memperhatikan dampak yang akan terjadi di cabang-cabang jalan lainnya dan juga jalur di arah balik," sarannya.