NU perkirakan awal puasa Ramadan Jumat

Warga NU diimbau menunggu keputusan penetapan awal Ramadan pusat

Ilustrasi penyelenggaraan rukyatul hilal Ramadan/Foto Antara.

Nahdlatul Ulama (NU) memperkirakan awal puasa Ramadan jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Presdiksi itu muncul setelah dilakukan rukyatul hilal dan data hisab yang dilakukan oleh Pimpinan Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PW LFNU), Jawa Timur. 

Ketua PW LFNU Jawa Timur, Shofiyulloh menjelaskan, sesuai ijtimak akhir Syakban 1441 Hijriah jatuh pada Kamis Wage, 23 April 2020, pukul 09.28 WIB. Sementara dilihat dari lokasi rukyat bukit Condrodipo Gresik, Matahari akan terbenam pada pukul 17.26 WIB.

"Pada saat itu tinggi hilal mar’i (terlihat) 3 derajat 19 menit dengan lama hilal di atas ufuk 15 menit 46 detik, sehingga Hilal kemungkinan bisa terlihat," kata Shofiyulloh, melalui rilisnya, Rabu (22/4/2020).

Meski LFNU memperkirakan awal Ramadan jatuh pada Jumar besok, pihaknya tetap meminta kepada segenap nahdliyin dan seluruh umat muslim di Jawa Timur untuk menunggu keputusan sidang isbat penetapan awal Ramadan pemerintah, Kamis (23/4).

“Saya berharap umat Islam dalam mengawali Ramadan tetap menunggu keputusan pemerintah dalam sidang isbat yang didasarkan atas hasil Rukyatul Hilal dan hisab,” ujarnya.