Operasional Ibadah Haji 2022 resmi ditutup

Gus Men, sapaan akrab Yaqut, juga menyampaikan terima kasih kepada Menko PMK Muhadjir Efendi.

Ilustrasi jemaah haji. Foto Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) resmi menutup operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi. Penutupan tersebut disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di asrama haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (18/8).

"Dengan mengucap syukur alhamdulillah, operasional haji 1443 H saya nyatakan selesai," kata Yaqut dikutip dari keterangan tertulis di laman Kemenag, Jumat (19/8).

Yaqut menilai penyelenggaraan ibadah haji tahun ini terasa istimewa seiring dengan momentum Haji Akbar dan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke-77. Dua momentum ini, kata Yaqut, sangat membahagiakan, ditambah misi Haji 2022 terbilang sukses dan menjadi kado kemerdekaan.

Terkait hal tersebut, Yaqut menyampaikan apresiasi kepada pemerintah, dari Presiden Joko Widodo, para menteri, hingga anggota parlemen dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Haji 2022.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo atas arahan dan petunjuk beliau, sehingga haji bisa berjalan tuntas dan baik," ujar Yaqut.