Optimistis pada dukungan publik, KPK tak peduli Dewan Pengawas

Dewan Pengawas KPK diyakini tak akan berpengaruh pada penanganan kasus yang dilakukan para penyidik.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang./ Antara Foto

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang menyatakan pihaknya tak mempersoalkan latar belakang maupun penunjukkan Dewan Pengawas KPK oleh Presiden Joko Widodo. Saut meyakini, keberadaan Dewan Pengawas tak akan berpengaruh pada penanganan kasus yang dilakukan para penyidik KPK.

Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, komposisi Dewan Pengawas KPK yang dipilih Presiden Jokowi didominasi oleh ahli hukum.

"Saya tak terpengaruh siapa latar belakang mereka. Pastilah mereka harus memahami  hukum atau memahami proses KUHAP, memahami juga bagaimana proses di KPK, UU KPK," ujar Saut di Gedung Penunjang Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (4/11).

Menurutnya, proses penanganan perkara yang dilakukan KPK tidak akan berdampak signifikan, meskipun sebagian besar Dewan Pengawas KPK diisi oleh ahli hukum. Hal ini, kata dia, disebabkan nilai dan integritas KPK telah terbentuk.

"Kalau kita lihat tugas mereka di antaranya untuk memutuskan atau tidak, menghentikan (perkara), itu nanti kalau penyidiknya cukup bukti gimana? civil society kan mengontrol kita. Publik juga kan lihat KPK. Karena value di KPK ini sudah ada," kata Saut.